Selasa, 27 Desember 2011

5 Tempat dengan Fenomena Es yang Menakjubkan

Oleh: Bintang Mian (Kontributor uniknya.com)
[UNIKNYA.COM]: Fenomena alam memang sangat sulit ditebak. Terkadang sangat mengesankan sehingga melahirkan kepuasan bagi yang menikmatinya. Tapi fenomena tersebut melahirkan kepenasaran bagi para ilmuwan untuk mengetahui apa penyebabnya. Berikut 5 tempat yang mengalami fenomena es menakjubkan:

1.    Air Terjun Beku Myun (Cina)
Proses pembekuan air terjun berlangsung secara bertahap dan berlangsung bertahun-tahun. Ada banyak kejadian pembekuan air terjadi. Salah satunya berada di daerah Myun, Beijing yang telah menarik wisatawan dari berbagai negara. Kawasan ini menjadi tempat alami yang indah.

Air Terjun Beku Myun, Cina (Sumber: webecoist.com)

2.    Gua Es Eisriesenwelt (Austria)
Gua es adalah jenis gua alami yang mengandung es dalam jumlah besar. Es dapat terbentuk setidaknya sebagian gua harus bersuhu di bawah  0 ° C (32 ° f) sepanjang tahun, dan air harus mengalir ke zona dingin gua. Ada banyak gua es di seluruh dunia. Tapi gua es Eisriesenwelt di Austria adalah yang terbesar yang dikenal manusia.

Gua Es Eisriesenwelt, Austria (Sumber: blogcdn.com)

3.  Lingkaran Es
Fenomena terjadinya lingkaran es memang sangat langka dan biasanya hanya bisa dilihat di negara yang sangat dingin. Para ilmuwan umumnya menerima bahwa lingkaran es terbentuk ketika permukaan es mengumpul di tengah badan air, bukan di tepi. Kelangkaan es seperti ini telah terlihat dengan diameter lebih dari 500 kaki dan dapat terjadi dalam beberapa kelompok dengan ukuran yang berbeda. Seperti yang terjadi di Delta, Ontorio.

Lingkaran Es, Ontario (sumber: blogspot.com)

4.    Paku Es (Chili)
Paku ini es yang menakjubkan. Umumnya dikenal sebagai Penitentes, dapat ditemukan di gunung gletser dan dalam ukuran bervariasi. Gunung gletser akan mempercepat dan membentuk palung, sehingga membuat puncak es berdiri seperti paku. Pegunungan Andes di Chile merupakan pegunungan dengan cuaca ekstrim. Pada ketinggian yang berbeda, akan membuat formasi paku es yang menakjubkan.

Paku Es, Chili (Sumber: manikarum.com)

5.    Jalur Es (Kanada)
Es ini membuat bentuk asimetris dan geometris yang menarik dan luar biasa membentuk pararel seperti membentuk flora khusus yang khas yaitu Arctic Willow. Pulau Ellesmere sangat terkenal dengan pembentukan jalur es ini. Namun sayangnya kini sudah semakin berkurang dengan cepat akibat pemanasan global. Perubahan iklim dalam musim panas 2008 telah sangat mengkhawatirkan sehingga menyebabkan banyak kerusakan. Para ilmuwan khawatir ekosistem ini khususnya akan segera hilang selamanya.

Jalur Es, Kanada (Sumber: nationalgeographic.com)

Jalur Es, Kanada (Sumber: suaramerdeka.com)

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, Agustus 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar